Sinopsis Buku Ajar Asuhan Kebidanan Komunitas Konsep & Manajemen Asuhan

Buku Asuhan Kebidanan Komunitas ini merupakan panduan lengkap dalam memberikan asuhan kebidanan kepada keluarga dan masyarakat di komunitas. Buku ini berisi pendekatan evidence-based sehingga aplikatif untuk digunakan mahasiswa kebidanan.
Bab I merupakan bab pendahuluan yang membahas tentang pengertian, sasaran, dan factor-faktor yang mempengaruhi kebidanan komunitas.
Bab II membahas tentang aspek perlindungan hukum kebidanan komunitas yang berisi tentang hak dan kewajiban bidan, kode etik bidan.
Bab III merupakan bab yang membahas peran, fungsi, tugas, tanggung jawab dan kompetensi bidan sebagai pelaksana, pengelola, pendidik, dan peneliti dalam asuhan kebidanan.
Bab IV membahas tentang permasalahan komunitas, seperti kematian ibu dan bayi, kehamilan remaja, unsafe abortion, berat badan lahir rendah (BBLR), tingkat kesuburan, pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan dan penyakit menular seksual (PMS). 
Bab V merupakan bab yang membahas mitra bidan terdiri konsep keluarga dan konsep manajemen asuhan kebidanan dan jejaring kerja bidan di komunitas.
Bab VI merupakan bab yang membahas tentang peran serta masyarakat dalam komunitas meliputi: pengertian, tujuan, tahapan, pembinaan masyarakat.
Bab VII membahas tentang PWS-KIA yang meliputi : pelayanan antenatal, pertolongan persalinan, pelayanan kesehatan ibu nifas, pelayanan kesehatan neonatus, deteksi dini faktor resiko komplikasi kebidanan dan neonatus, penanganan komplikasi kebidanan, pelayanan neonatus dengan komplikasi, pelayanan kesehatan bayi, pelayanan kesehatan anak balita, serta pelayanan KB berkualitas.
Bab VIII membahas tentang program pemerintah yang meliputi: pelayanan antenatal, pertolongan persalinan, pelayanan kesehatan ibu nifas, pelayanan kesehatan neonatus, deteksi dini faktor resiko komplikasi kebidanan dan neonatus, penanganan komplikasi kebidanan, pelayanan neonatus dengan komplikasi, pelayanan kesehatan bayi, pelayanan kesehatan anak balita, serta pelayanan KB berkualitas berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak serta KB
Bab IX merupakan bab yang membahas tentang monitaring dan evaluasi dalam pelayanan kebidanan meliputi pengertian monitoring dan evaluasi, perbedaan dan persamaan monitoring dan evaluasi dan monitoring dan evaluasi pelayanan kebidanan komunitas.
Bab X membahas tentang format pendokumentasian kebidanan di komunitas.
Buku Ajar Asuhan Kebidanan Komunitas Konsep & Manajemen Asuhan ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.
Buku ini bisa anda miliki dengan harga terjangkau, dijamin 100% original. Banyak koleksi buku yang ada di toko buku online, namun di toko kami Arcelioshop Pustaka dan Deogratiaslapak harga sangat terjangkau.

PengarangRizkia Amilia & Nurul Qamariah Rista Andaruni
InstitusiUniversitas Muhammadiyah Mataram
KategoriBuku Ajar
Bidang IlmuKesehatan
ISBN978-623-7022-34-3
Ukuran14×20 cm
Halamanxii, 147 hlm